Skip to main content

Mudik Lebaran ke Wonosari dengan Agra Mas SDD, Looh Kok...??

Assalamu alaikum wr wb.

Hai rekan rekan pembaca diseluruh Indonesia. Akhirnya saya bisa ngeblog lagi. Setelah berbulan bulan absen tidak ada bahan untuk disharing. Lebih baik saya ceritakan saja lika liku mudik lebaran kemarin. Lebaran kemarin begitu spesial. Karena apa ?? karena pertama kali saya mudik lebaran gak naik bus yang langsung ke Gunungkidul. Sebelum sebelumnya saya anti banget untuk mudik lebaran itu coba coba PO. Riskan, riskan macet dan males estafetnya kalau lebaran. Tapi kali ini saya coba untuk mematahkan stigma tersebut. Saya coba untuk meilirk PO lain. Dan mumpung saya belum pernah mencoba naik bus SDD. Mengapa saya tidak coba naik SDD saja ya ?? Lets see..Monggo disimak saja.


Apalagi tahun ini bisa dibilang mudik besar. Karena satu keluarga pulang semua. Hanya saja pulangnya tidak bareng. Untuk saya sendiri saya jadi yang paling terakhir berangkat. Berangkat tanggal berapa ya ? Hilal libur belum ketahuan namun jika melihat kalender kerja tanggal 23 masih masuk Kemungkinan besar saya berangkat tanggal 24 Juni 2017.

Ingin sekali mudik kali ini ada teman ngebis. Terlintas saya punya kawan dari kecil sudah berkawan yang juga tinggal di Bekasi. Teman saya ini setiap tahun juga mudik. Kenapa gak diduetkan saja ini ya. Bisa reunian dengan kawan lama. Saya menghubungi Jajang , adalah nama dari kawan saya tersebut.

" Jang... rep mudik tanggal piro ? awakmu prei tanggal piro ? ( Jang, mau mudik tanggal berapa, kamu libur tanggal berapa ? )

"Aku prei tanggal 24, ayolah bareng wae mulihe , rep numpak opo? Rosalia Super po piye?? ora super oraaaaa.... ( kebetulan teman ane pecinta berat Ocin )(Aku libur tanggal 24, ayolah mudik Bareng naik apa, mau naik super exe ocin ? Gak super gak berangkat )

"hmmmm biyen kan awakmu pengen numpak bis tingkat , ayo eskampret wae mudun Wonogiri, sambung bablas Karangmojo, mung cerak kok .."( dulu kamu bilang ngebet pengen naik bus tingkat, gimana kalau naik itu aja eskampret turun Wonogiri, sambung ke karangmojo deket kok " )

"...deal..ayo gek ndang booking "
( deal, ayo lekas reservasi )

Dan akhirnya deal kita berangkat bersama tanggal 24 Juni 2017, dengan SDD. Tapi belum tahu Agra apa Puma. Berhubung saya pecinta berat Mercedes Benz saya bujuk untuk naik Agra Mas saja. H-30 saya dan Jajang ke agen Agra Depsos. Kami booking tanggal 24 dan alhamdulilah masih dapat seat depan. Dan pada saat H-14 saya melunasinya. Amazing....1 juta men..... Ya untuk berdua sih. Tiket bus termahal yang pernah saya tebus seumur umur..... FYI....tiket asli baru akan dibagikan saat keberangkatan.


23 Juni 2017


H-2 lebaran atau H-1 sebelum berangkat mudik. Ya Allah baru kali ini H-2 masih bekerja. Padahal perusahaan lain sudah libur. Di tempat kerja juga sudah tak ada kerjaan, yang ada hanya buka buka internet memantau info mudik.



Pagi itu arus di tol Cikampek arah ke timur sudah merayap. Bahkan dari ruas Jatibening sampai di Cikarang utama. Memang hari puncak musim lebaran. Info bagusnya tak ada info mact di Brexit seperti tahun lalu. Rekan saya , Mas Djoko Basuki juga otw mudik ke Pacitan hari ini. Mas Djoko otw dengan GMS, sambil saya chat nanya nanya bagaimana perkembangan situasi lalu lintas. Buat acuan keberangkatan besok.

24 Juni 2017

Akhirnya hari yang ditunggu tunggu telah tiba. Sore nanti adalah waktu untuk terbang goes to Wonosari. Lebih tepatnya diplintir via Wonogiri dulu. Sejauh ini sih tidak ada informasi bus akan delay atau keberangkatan di majukan. Melihat lalulintas kemarin disimpulkan macet puncak tahun ini tak se horror tahun lalu. Dimana brexit menjadi momok menakutkan untuk pemudik. Padahal saya sudah memprediksi macetnya akan sama paling tidak berpindah lokasi macet. Sejak pemerintah mulai membuka tol tol fungsional seperti tol brebes- Pemalang, bahkan sampai GringXit , Gringsing Exit .

Masih pagi saya jalan jalan sekitar rumah memantau ruas tol Cikampek bagaimana situasinya Rupanya malah sepi jaya. Kontras sekali dengan kemarin yang rapet pet pet pet pet...


Tak lama dapat info dari agen Agra bahwa keberangkatan jam 4. Berarti normal lah ya. Semoga saja masih ontime sampai tujuan. Sudah tak memaksakan untuk ikut sholat Ied di kampung. Paling gak sebelum jam 10 pagi udah dirumah . Aamiin semoga... Intinya yang penting selamat sampai tujuan .





Pukul 15.00 saya sudah standby di agen. Rupanya Jajang sudah duluan stand by. Depsos kali ini lebih sepi . Jalanan juga lengang. Efek sudah pada mudik. malah lebih ramai hari weekend biasa.

Saya pun menukarkan tiket pemesanan ke loket, akhirnya saya memiliki tiket minimalis Agra Mas. 



Ini partner ngebis saya kali ini. Namanya Jajang. Orang GK asli sama kayak asli. Dia bukan anak bismania. Hanya insan biasa .Cuma dia pelanggan setia Rosalia Indah. Tiap mudik naiknya Ocin. 


Akhirnya busnya pun datang. Sebuah unit SDD MB 2542. Sudah sangat ngebet akhirnya kesampaian juga naik 2542 Agra SDD. Gimana gak ngebet jal.....berkali kali saya cuma jadi pendadah spesial SDD. Sudah banyak klien yang saya dadahin SDD. Sekarang giliran yang selalu dadahin naik SDD.


Pukul 16.30 bus diberangkatkan. Kesan pertama futuristik. La wong baru kali ini naik bus yang ada avodnnya. Norak ya
...dan untuk jarak seat, bisa dibilang ngepress kalau menurut saya untuk seat paling depan dek atas. But it' s no problem. Badan saya yang cuma seuprit jadi tak menjadi suatu masalah. 



memasuki tol Cikampek tampak sangaaat sepi. Ini mudik lebaran bukan sih ???



Tol Cikarang utama juga tak ada antrian berarti. Sangat kontras sekali dengan kemarin. Bahkan lebih sepi dari hari hari biasa . Wah agak kecewa nih, hehehe bayar udah mahal mahal tapi gak ada macet. Kurang ada seni mudik lebarannya. Apakah ini bakal jadi mudik lebaran terlancar ??Padahal udah bawa cemilan banyak sekali jadi bawaan berat sekali buat antisipasi kalau macet parah.Sekitar pukul 17.15 bus transit rest area km 57. Cukup lama disini, sekitar lebih dari setengah jam .Sampai buka puasa pun disini. Mumpung naik bus yang ada avodnya, saya mendengrkan musik musik yang ada di playlistnya. koleksi mayoritas adalah musik musik EDM Barat. Bukan selera saya sih, tapi satu dua ada yang tahu dan suka lah. Lumayan lah.

Pukul 18.30.

Tiba di rumah makan taman sari cipali,. Sejauh ini sangaaaaaaat normal. Apakah nanti sampai tujuan akan normal juga ?

Tampak sudah terparkir penghuni penghuni tamsar cipali . Tak perlu saya sebutkan satu satu sudah hapal lah yaw....

Saya dan jajang mengantri pada antrian. Menu makan masih sama tapi ada satu hal yang merasa aneh. Baru kali ini teh hangat diganti segelas air cup mineral. What's wrong????? Apakah kehabisan teh saat arus mudik ini ?



Lupakanlah air mineral cup cap tamsar, sudah lama tak mengabadikan foto bus parkir dirumah makan. Mumpung naik Agra DD


Ada Putra Mulya DD03. ini yang Line Prambanan belum lama rilis.



Agra Mas BM 089 , yang sangat gagah perkasa....


Wah sepertinya photobucket sedang eror. Tapi tak apa tak mengurangi umtuk tetap melanjutkan report.

Cukup 30 menit istirahat kembali melanjutkan perjalanan. Oh ya Agra Mas SDD ada snack nya juga lo. Cuma saya tak sempat untuk mengabadikanya. Ada air mineral cup, satu saset kopi instan dan sepotong roti.



Untuk mengisi jam jam menjelang bobo malam. Saya test video on demandnya. Banyak koleksi koleksi film yang tersedia. Tapi saya memilih larva. Nonton yang lucu dan ringan saja. Terbukti saya tertawa tawa sendiri sepanjang film itu diputar .



Mata sudah mulai lelah, video saya matikan. Satu yang buat saya berkesan . Temperatur ac pada kabin tidak mencekik. Di suhu yang wajar, jadi ini yang bikin nyaman tidur , tanpa perlu pakai jaket cukup selimut saja. Seringnya saya naik bus itu temperatur ac yang teramat dingin . Saya pun terlelap. Entah berapa bus yang sudah di overtake oleh SDD ini. Terbangun sudah masuk Tegal, cepat sekali. Sesekali melihat unit Haryanto, pahala kencana, GMS di overtake tapi hoaaam... Tidur lagi saja ah.... Bangun lagi sudah Pemalang .



Pukul 23.15 bus sampai di rumah makan Kendil Mas, Batang. Perdana saya menjejakkan kaki di rumah makan ini. Diluar prediksi , musim musik lebaran wayah gini sudah rest kedua. Bisa bisa sampai Wonogiri masih sebelum subuh gelap gulita. Kasihan yang jemput nanti mungkin belum ready. Saya dan teman saya hanya bersantai saja sambil seduh kopi dari fasilitas coffe maker yang ada dalam bus. Sambil menghirup aroma kesegaran tengah malam .



Interior deck bawah 


Interior deck atas



Baik kita lanjutkan ceritanya. Tak sampai setengah jam kembali berlanjut. Lepas rumah makan sepanjang Grinsing sampai Kendal sepi jiwa sekali. Kemana wahai mudikers ? Apakah sudah sampai di kampung masing masing. Sampai semarang masih dini hari. Sunyi sekali untuk ukuran mudik lebaran. Curiga ini hanya kamuflase arus mudik. macetnya bisa justru hari pertama lebaran. 

Jumpa Raya sebelum gerbang tol Semarang dengan mudah diasapi begitu saja.



Exit tol bawen, situasi masih sangat sepi dan normal. Sepertinya sampai wonogiri bisa jam 4 subuh ini. Ada LP di depan.


Pukul setengah 3 pagi bus sampai di terminal Tirtonadi. Bus bisa masuk terminal juga . Masih nyandak gak nyangkut. Banyak penumpang yang turun di Tirtonadi. Unbelieveble,,,,,, pukul 03.35 bus sampai di Terminal Giri Adi Pura. " Yo...yang krisak yang krisak...yang turun krisak .." kondektur berceloteh . Cepat sekali... Sebelum subuh sudah sampai Wonogiri. Saya dan Jajang pun turun sini. Mau ngapain jam segini ??? Jemputan sodara belum berangkat malah dari Karangmojo. Ya sudahlah kami rehat dulu , Mencari warung nasi untuk sekedar ngeteh .





Sampai pada akhirnya jemputan kami telah datang sekitar pukul setengah 6 pagi. Akhirnya usai sudah cerita kali ini. Akhirnya kesampaian juga naik bus SDD. Bisa berlebaran di kampung halaman dengan tanpa ngaret. Thanx Agra Mas SDD BM 089. Armada cepat, nyaman, dan rekomen. Sampai jumpa di edisi blog cerita berikutnya.

Wassalamu alaikum wr.wb





Comments

Popular posts from this blog

AYO BELAJAR AKSARA JAWA

Ha...ca...ra...ka..da...sa...wa..la...Bagi yang orang Jawa atau pernah duduk di bangku sekolah di sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta pasti pernah belajar aksara jawa pada materi Bahasa Jawa. Coba deh kita mengingat ingat lagi dan mari kita mempelajarinya kembali. Bagi yang belum tahu ayo kita belajar bersama-sama. Kegiatan positif juga untuk melestarikan budaya leluhur. Huruf dasar ( aksara nglegena )   Huruf pasangan ( Aksara pasangan )   Pasangan dipakai untuk menekan vokal konsonan di depannya. Sebagai contoh, untuk menuliskan mangan se ga (makan nasi) akan diperlukan pasangan untuk "se" agar "n" pada mangan tidak bersuara. Tanpa pasangan "s" tulisan akan terbaca manganasega (makanlah nasi). Tatacara penulisan Jawa Hanacaraka tidak mengenal spasi , sehingga penggunaan pasangan dapat memperjelas kluster kata. Kalau yang masih belajar pasti rumit ya. Memang butuh waktu dan banyak berlatih. Huruf utama ( aksa

ICIP ICIP GUNUNG HARTA 115 dan OBL MOCCACHINO ( Bagian 1 )

Assalamu alaikum wr wb Dear Bismania Indonesia. Salam sejahtera untuk pecinta penikmat dan pengamat bus di seluruh Indonesia. Saya Estu Prabowo kembali menuliskan catatan perjalanan yang fresh. Yang saya dedikasikan sebagai turing penutup tahun 2015. Sebuah kisah seri pamungkas yang terukir di bulan Desember 2015 ini. Sebuah pelampiasan hasrat akan hobby turing yang sudah terbendung beberapa bulan terakhir. Memang susah mencari moment pas di tahun 2015 ini untuk ngebis. Dan syukur alhamdulilah masih diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah turing. Dan kali ini bagi saya sendiri begitu spesial dan memuaskan.  Seperti pada umumnya masyarakat urban khususnya penggemar bus di setiap akhir tahun pasti sudah diagendakan untuk jalan jalan atau turing. Tak terkecuali saya sendiri. Dan pasti secara umum akan mengambil pada libur natal dan tahun baru. Tapi tak berlaku untuk saya. Saya lebih memilih untuk turing penutupan di minggu kedua bulan Desember 2015. Alasan seperti menghind

JALAN JALAN KE BANGILAN DENGAN AGRA MAS BM 087

Assalamu alaikum wr wb  Hai kawan kawanku, jumpa lagi di blog report saya. Kali ini trip yang spesial karena ini merupakan rute baru saya yang akan di share. Saya beserta istri mudik ke Bangilan, Tuban kampung istri tercinta. Sudah direncanakan setelah lebaran bahwa habis lebaran waktu yang tepat untuk mudik ke Tuban. Ini adalah kali pertama saya mudik ke kampung istri. Dan ini mudik istri setelah 5 tahun gak mudik ke Tuban.  Kalau saya pasti sudah sangat tersiksa dan gak kuat harus selama itu gak mudik , terlebih goyangan bus malam yang sulit dilupakan.  Setelah diskusi akhirnya terpilihlah tanggal 4 Agustus untuk keberangkatan. Kenapa tanggal itu padahal banyak libur long weekend di bulan Agustus. Alasan cost yang tinggi dan pasti macet di long weekend. Urusan armada berangkat pilihan ke Agra Mas Bojonegoroan. Service lebih baik dari pada kompetitornya. Padahal lagi pengen naik Haryanto. Gila coy...selama 8 tahun jadi bismania sekalipun belum pernah naik Haryanto,