Skip to main content

LATEPOST 2016 : MY DREAM BUS ROSALIA INDAH 499 AKHIRNYA KUCOBA

Assalamu Alaikum Wr . Wb.

Dear Bismania Indonesia. Selamat pagi para pecinta bus yang tampan tampan dan cantik cantik serta mewangi sepanjang hari di seluruh Indonesia. Baru selang kemarin saya menuliskan pembuka 2017 dengan Maju Lancar Avante, pagi ini saya menuliskan kembali kisah lama di tahun 2016. Memang sudah tahun lalu tak tak mengapa untuk berbagi. Cerita ini sebenrnya juga sudah rilis di forum report di www.bismania.com. Dan saya tuangkan di blog pribadi.

Cerita ini adalah terwujudnya impian saya menaiki bis impian 2016 pada awal Mei 2016. Bukan sebuah bus terkini dan kekinian. Bus itu adalah Rosalia Indah Super Executive 499 . Bus tersebut line Semin  - Ciputat. Entah angin apa saya begitu ngebet dengan bus itu waktu itu. Tak perlu berlama lama saya mulai Ceritanya.

4 Mei 2016

Waktu itu saya baru tiba di Karangmojo. Dan saya sudah memesan jauh jauh hari tiket Rosalia Indah SE untuk keberangkatan balik ke Bekasi tanggal 6 Mei 2016. Saya dibantu rekan saya Aboy Dochi untuk memesan tiket ini. Saya memesanya via Agen Playen by phone.

Hanya selang sejam saat tiba saya langsung pergi ke agen Rosin Playen untuk menebus tiket SE. Dan alhamdulilah sebuah tiket SE untuk 6 Mei sudah saya amankan. Sesuain dengan yang di omongkan Aboy, dapat seat 1A. Tak lupa saya konfirmasi ke Mas Ferry ( Ticketing Playen) untuk saya naik dari agen Karangmojo saja.

Skiip.....

6 Mei 2016

Siang hari pukul 11.30 saya menuju agen Rosin Karangmojo. Bersama mbah saya yang rela mengantarkan saya untuk kembali. Dengan diantar teman saya sebut saja Catur kami kesana. Sebenarnya hari ini bus datang terlambat . Efek macet jalur selatan . Bus bus baru pada lewat jam jam 12 san. Sudah pasti mundur keberangkatanya tapi dari pihak agen tidak ada komunikasi.

Sampai di agen, saya chek in dan alhamdulilah dikasih kode 499. Yes.... ini bus impian saya. Akhirnya terwujud juga.

Suasana agen rosin Karangmojo

Berhubung ini hari Jumat saya pamit ke pihak agen untuk sholat Jumat di Masjid Al Falah karangmojo. Hanya dekat kok di seberangnya.

Jam sudah menunjukkan hampir jam 2 siang. Belum ada satupun armada Rosin yang datang. Yang ada seliweran Rosin baru datang dari barat. Penumpang sudah membludak di agen Karangmojo. Sekalipun ada PO yang ontime adalah Santoso. Jalur utara lebih lancar dibanding selatan edisi long weekend kali ini. Tak lama datanglah Maju Lancar non AC seri E setra jetbus piala mas. Sebentar..... loh kok hari ini ke barat ya , bukan kah kemarin hunting ketemu ini juga ke barat ? .

Maju Lancar transit agen Karangmojo, agenya satu komplek dengan agen Rosalia Indah.

Jam 2 sudah berlalu. Selang 15 menit dari armada ML datanglah Rosin pertama yang ke arah barat. Non ac 146. Wah jozzz ini armada. 499 mana ya ???

Dari Rosalia Indah setelah 146, lalu giliran 189, 411. Maju Lancar pun tak kalah lewatlah Titan , lalu lewatlah seri A. Hari semakin sore. Bus juga belum datang. Maju lancar lagi lagi lewat exe seri W sudah cusss . Maaf ya kali ini gak naik maju lancar dulu. Next lebaran pasti naik Maju lancar lagi. Lalu muncul 500 . Hmm...

Jam mulai menunjukan 16.15. saya sudah mulai letih menanti. Dan alhamdulilah bus impian itu datang juga. " Mas Estu Bekasi, bus nya sudah datang , hati hati di jalan " pesan dari agen kepaa saya. Saya pun berpamitan dengan Mbah Putri saya, terima kasih sudah mengantarkan dan ikut menanti. Dan tentu saja kepada Catur teman saya.

Saya dengan percaya diri masuk ke dalam kabin, merebahkan diri di seat 1A yang nyaman. Tancap gas dan langsung dihibur oleh alunan Ratih Purwasih.

Bus mampir di agen Selang. Naiklah beberapa penumpang lanjut transit terminal Wonosari. Terminal masih banyak dijumpai penumpang. berarti masih ada bus yang belum datang.

Lepas terminal langsung tancap gas . Tak mampir agen Playen jadi bus memutuskan untuk melewati jalur utama Gading. Bus ini nyaman .Saya tak bilang nyaman banget, karena jika dibanding saat saya naik SE yang 436 masih menang nyaman 436. Ya iyalah 436 sudah air suspension 1626. 499 masih 1526 yang edisi pertama dari armada ex PB infonya. Tapi tak masalah. saya tetap lapang duduknya. Iring iringan dengan SJLU lepas Siyono sore itu. Salah seting kamera jadinya terlalu gelap.

Namanya long weekend, apalagi GK adalah tujuan wisata. Ya beginilah, mau turun ke Jogja aja harus berjuang. Baru sampai Playe sore itu. n tepatnya sebelum simpang tiga Gading macet. Bus hanya merayap. Kendaraan didominasi kendaraan pribadi dan bus pariwisata. Oh iya tak menyangka saya di Playen ini sempat dilihat oleh Ipin aka Mohammad Arifin yang sedang jalan jalan sore mencari makan di sekitaran Playen. saya di bbm lihat saya duduk di seat 1A di 499. Wiih.... sayang katanya gak sempet di jepret.

Driver pertama masih muda. sekitaran 30 tahunan. Logat bicaranya ngapak. Mungkin rekan rekan ada yang kenal. Sambil mengisi kemacetan sesekali driver membuka gadgetnya. sudah pasti ini driver punya akun sosmed

Selangkah demi selangkah akhirnya terbebas juga dari kemacetan. Bus sudah memasuki area Tahura. sudah semakin gelap. Sampai di pathuk sudah gelap dan semakin padat. Slow but sure. Malam yang syahdu dan damai di dalam kabin armada impian 499. Alhamdulilah tembus naik SE Ocin 2x. Malam itu melewati tugu land mark Gunungkidul Handayani. Ramai sekali malam itu. Banyak pengunjung rest dan foto foto disitu. Tak lupa saya mengabadikanya. Indah sekali.

Hampir setengah 8 malam bus sampai di kantor Rosin Jogja di ringroad selatan Jogjakarta. Tampak aktifitas masih ramai. Tampak armada evo GT 434 ( koreksi kalau salah ) Ciputat - Klaten. Tampak pula 377. 499 parkir sejenak disini. Naiklah beberapa penumpang hampir full seat. 15 menit berlalu bus kembali melanjutkan perjalanan. Melewati lalu lintas yang padat Jogja malam itu tak membuat saya bisa bertahan menahan rasa kantuk. Saya pun terlelap di armada impian. Larut ke dalam dunia mimpi.

Pukul 22.12 bus sudah sampai di RM Lestari. tampak sudah banyak rosin yang terparkir. Lama juga saya tertidur. saya pun bergegas turun. Sebenarnya masih sangat ngantuk. Saya baru tahu kalau service makan rosin digabung dari penumpang vip , exe dan SE. Tak heran antrian panjang pun harus diterima. Maklumlah armada banyak . Banyak yang datang bersamaan. Melihat menunya sih standard saja. saya masih trauma cita rasa tak nikmat melihat menunya makanya saya ambil sedikit. Namun saya menyesal kenapa saya ambil sedikt disaat sedang lapar. cita rasanya enak juga walau menu sederhana.

Sekedar catatan untuk service di lestari, ada baiknya kelas SE dipisah tak digabung seperti ini. Hanya saran. hehehe... Selesai isi perut saya berjalan jalan seputaran rumah makan sambil mengabadikan apa yang bisa saya abadikan.

NL 499 , dalam malam hari.

Satu panggilan kepada seluruh penumpang 499 berkumandang tanda bus akan diberangkatkan. semua penumpang menuju bangku masing masing. Ada yang kurang, saya belum dokumentasi seat saya. Ya biasalah biar gak pada penasaran , buat formalitas saja. Cekreeeeek...

Selepas Gombong saya tak kuasa lagi menahan kantuk. Desir suara kriyet kriyet kabin menjadi pengantar tidur. Tidurlah wahai raga ini. Perjalanan masih jauh. Terlelap makin jauh jauh jauuuh.. dalam ke alam mimpi.

02.15 WIB

Saya terbangun bus sudah sampai di ruas tol Pejagan. Lama juga saya terlelap. Disini sudah dijumpai bus bus panturaan. Beberapa unit Harjay sukses di overtake. Untuk speed 499 nicelah. Sayang saya tak mendokumentasikannya. Sekedar menikmati.

499 di ruas Pejagan

Saya pun terjaga sejak lepas Pejagan sampai Palimanan. Di ruas Palimanan konvoi dengan Rosin lupa NL berapa dengan berbodi New Marco. Ada hal yang membuat saya terkesan. Bus tak melewati Cipali .Exit Palimanan melewati jalur Pantura klasik. Saya suka hal ini. Bersama rosin new Marco melintasi Pantura lawas. Entah strategi apa yang dipakai rosalia bukankah dari timur sudah via cipali. Pantura lawas sangat sepi sekali. Hanya ditemui truk truk logistik. Bus bisa dipacu maksimal.

Ada satu lagi hal yang membuat saya takjub. Pak driver sembari ngegas pol sambil mengaji. Melafalkan ayat ayat surat surat Al Quran. Wah sejuk sekali . Jarang saya temui hal seperti ini.Entah siapa nama bapak driver ini. Tetap syariat. Sesekali ketemu bus PO lain itu pun hanya bus pariwisata dan Puji Kurnia. Dan berhasil di overtake .Sepinya jalur Pantura membuat saya tertidur kembali.
Saya terbangun kembali bus sudah di spbu Jatisari. Sudah tampak NL 500, NL 154, NL 377. Sepertinya line Selatan lewat jalur Pantura lawas.

05.39

Selamat pagi. Dan pagi itu bangun bangun sudah di ruas Karawang Timur. Bisalah ini finish jam 6. Secara performa bus ini ontime. Walau berangkat sudah terlambat sampai Bekasi nanti tak sampai jam siang. Padahal sudah memprediksi segasik hasilnya jam 9. Namun ternyata jalur selatan malah sepi. Mungkin besok atau lusa adalah puncak keramaian.
Pukul 05.53 bus sudah sampai di GT Cikarang Utama berbarengan dengan bus bus line Jawa Timur seperti Lorena, Pahala Kencana , dan Gunung Harta.
Bus exit GT Cibitung. Transit agen Cibitung menurunkan penumpang.

Alhandulilah merapat di Bulak Kapal, Bekasi pukul 06.11 dengan selamat. Terima kasih Rosalia Indah NL 499. Akhirnya diberi kesempatan mencoba kelas super executive sekali lagi. Sangat menyenangkan semoga bisa berjodoh lagi.

Dan akhirnya selesai sudah. Akhirnya target saat itu tercapai. Bus impian di 2016 itu akhirnya bisa kunaiki. Alhamdulillah. Sekian report dari saya. Mohon maaf masoih banyak kesalahan dalam penulisan. Sampai juga di report selanjutnya.

Wassalmu alaikum wr. wb

Popular posts from this blog

ICIP ICIP GUNUNG HARTA 115 dan OBL MOCCACHINO ( Bagian 1 )

Assalamu alaikum wr wb Dear Bismania Indonesia. Salam sejahtera untuk pecinta penikmat dan pengamat bus di seluruh Indonesia. Saya Estu Prabowo kembali menuliskan catatan perjalanan yang fresh. Yang saya dedikasikan sebagai turing penutup tahun 2015. Sebuah kisah seri pamungkas yang terukir di bulan Desember 2015 ini. Sebuah pelampiasan hasrat akan hobby turing yang sudah terbendung beberapa bulan terakhir. Memang susah mencari moment pas di tahun 2015 ini untuk ngebis. Dan syukur alhamdulilah masih diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah turing. Dan kali ini bagi saya sendiri begitu spesial dan memuaskan.  Seperti pada umumnya masyarakat urban khususnya penggemar bus di setiap akhir tahun pasti sudah diagendakan untuk jalan jalan atau turing. Tak terkecuali saya sendiri. Dan pasti secara umum akan mengambil pada libur natal dan tahun baru. Tapi tak berlaku untuk saya. Saya lebih memilih untuk turing penutupan di minggu kedua bulan Desember 2015. Alasan seperti menghind

AYO BELAJAR AKSARA JAWA

Ha...ca...ra...ka..da...sa...wa..la...Bagi yang orang Jawa atau pernah duduk di bangku sekolah di sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta pasti pernah belajar aksara jawa pada materi Bahasa Jawa. Coba deh kita mengingat ingat lagi dan mari kita mempelajarinya kembali. Bagi yang belum tahu ayo kita belajar bersama-sama. Kegiatan positif juga untuk melestarikan budaya leluhur. Huruf dasar ( aksara nglegena )   Huruf pasangan ( Aksara pasangan )   Pasangan dipakai untuk menekan vokal konsonan di depannya. Sebagai contoh, untuk menuliskan mangan se ga (makan nasi) akan diperlukan pasangan untuk "se" agar "n" pada mangan tidak bersuara. Tanpa pasangan "s" tulisan akan terbaca manganasega (makanlah nasi). Tatacara penulisan Jawa Hanacaraka tidak mengenal spasi , sehingga penggunaan pasangan dapat memperjelas kluster kata. Kalau yang masih belajar pasti rumit ya. Memang butuh waktu dan banyak berlatih. Huruf utama ( aksa

SOLO - BEKASI DENGAN RAYA EXE 24 SERI B

Assalamu alaikum wr wb Salam sejahtera salam Bismania Indonesia kawanku semua. Ini adalah trip edisi Raya dari Solo menuju Bekasi. Sebenarnya ini trip Akhir Mei 2015 tapi baru saya share sekarang. Tak mengapa tak ada kata terlambat untuk berbagi. Masih hits juga kok. Semoga bermanfaat. Langsung ke cerita ya kawan, saat itu saya main main ke Solo bersama kawan saya paling klop namanya Yusuf Hidayat. Kami berdua ke Solo pada 30 Mei 2015 dengan Maju Lancar seri V . Sengaja kami ke Jogja dulu doi pengen banget naik seri V. Lalu sambung ke Solo dengan Eka. Dan kita balik ke Bekasi lagi dengan RAYA exe 24. Dengan tarif Rp 245.000,- . Wooww........ ini bis sudah lama saya idam idamkan. Tiket Raya sudah dibantu booking oleh om nya Yusuf, om Tanto. Makasih banyak om Tanto sudah mau bantu kami 31 Mei 2015. Kami sore itu jam 15.00 menuju terminal Tirtonadi dari kiosnya om Tanto di Gading.  Perjalanan ke terminal Tirtonadi kami menggunakan bus bumel lagi. Kali ini gili