Skip to main content

Kali Kedua Dengan Putera Mulya ( Malmo, Scania K360 Anniversary Edition )

Assalamu alaikum wr. wb


Apa kabar sobat sobatqu semuanya. Bagaimana libur lebaran kali ini. Yang bisa mudik pasti sangat menyenangkan. Bersyukurlah yang bisa mudik. Bisa berkumpul dan berlebaran bersama handai tolan di kampung halaman. Tahun ini saya tidak mudik lebaran dulu. Dikarenakan kondisi tidak mendukung, istri lebaran tidak libur. Gak mungkin donk mudik lebaran sendiri istri ditinggal sendiri di kota. Tidak mudik lebaran bukan berarti tidak ada acara naik bus akap. Selalu ada jalan untuk bobok di bus. Mbah saja di jemput untuk lebaran disini.

Cerdas, pilih pilih tanggal ada libur long weekend di tanggal 1 Juni 2018. Tarif tiket pun masih relatif murah meskipun sudah kena tuslah namun masih kecil. Maklum masih tanggal 1 Juni. Nominasi armada ada di OBL SE dan Gunung Harta exe Blitar. . OBL sudah sold out, lari ke GH, namun tanggal 1 saja GH naiknya sudah gila gilaan, untuk turun solo saja 380ribu flat sampai Blitar. Iya sih armada kece tronton tapi tarifnya gak ramah kantong. Mulai mencari referensi lain. Mengingat Putera Mulya belum lama ini merilis armada executive special anniversarynya, sepertinya menarik. Pilihan jatuh ke armda tersebut. Fix... Harga masih murah, cuma 220ribu saja.


1 Juni 2018 

Tiket sudah di tangan. Tiket saya beli di agen Make Ayu,  agen Puma terpercaya di Bekasi Timur. Ini kali kedua menjajal Putera Mulya setelah yang pertama dibuat kecewa dengan catatan waktunya.  Semoga kali ini menyenangkan. Apalagi scania.  Sedikit tambahan informasi ini bakal jadi akap scania kedua yang saya jajal.  Norak sekali ya sebagai bismania baru dua kali ini jajal scania akap.  Yang pertama dulu NS 01 itu juga 5 tahun yang lalu. 

Pukul 16.00 bus akhirnya tiba.  Sudah sejam lebih saya menanti.  Agak senewen saya waktu itu seperti yang sobat saya bilang kalau Puma suka molor.  Tapi gak apa apa lah,  masih wajar.  Kesan pertama jumpa,  bus ini sangat berbeda dengan  Puma pada umumnya.  Berwarna biru tua tanpa ada warna lain.  Hanya guratan livery untuk mempermanis tampilan itu juga senada.  Tapi justru ini kesan lakinya.  



Untuk kabin,  untuk sekelas executive sesuai. Saya tidak tahu ini berapa seat.  Mungkin pembaca lebih tahu.  Saya duduk di bangku 1C. Sebagaimana pada umumnya seat depan pasti tak selega seat kebelakang.  Tetapi memang masih nyaman untuk postur ukuran saya. Alunan via vallen sudah berdendang dari TV dan audionya.  Saya kira kira bakal ada AVODnya.  Eh ternyata tidak ya.  Hehehe.   Ts sempet ngarep lo.  Crew membagikan snack.  Lumayan isi biskuit kacang dan air mineral untuk berbuka puasa.  Dari sapaan pertama saya bisa yakin ini crew sangat ramah.  Seumur umur naik bus malam ini yang paling ramah. 

Menikmati perjalanan santai dengan PUMA executive. Driver pertama cukup berumur. Mungkin kisaran 50 tahun. Crew menanyakan turun dimana. Saya ingin turun di Tirtonadi, tetapi crew mengkonfirmasi kemungkinan tidak masuk tirto, ya sudah saya nanti turun di sebelum tirto saja, tetapi nanti akan dikabari jika masuk tirto. Sore itu tol cikampek lancar cukup lengang. Performa bus standard standard saja. Tetapi memang ini yang saya cari. Tak mau naik bus yang ugal ugalan. Ingin pure santai. Cape kerja bagai quda setiap hari sekarang menikmati santai di bus malam saja.

\

Kabin scania terlihat mewah . Maklum bus kekinian. Dan apalagi saya naiknya mercy terus. Tak bosan bosan lihat fitur fitur yang tampak dalam kabinya. Apalagi logo digital scania di dashboardnya itu lo, epic sekali. Bus tidak transit lagi agen manapun. Pukul 17.35 bus sudah sampai di Rumah Makan Taman sari Cipali. Masih jam segini belum waktu buka. Sudah dipastikan akan menunggu buka disini. Foto foto dulu saja.


Tampak belakang. Sangat kece, terlihat jumbo dibanding sebelahnya.


Dari depan juga tak kalah gahar.


Julukan bus ini adalah Malmo. Entah apa artinya. Saya foto dan saya edit.


Seat yang saya tempati dan tampak legroom,  gimana gaes? Lega atau tidak

Menunggu saja diruang makan.  Menu makan untuk buka sudah siap di meja.  Jangan tanya apa menunya.  Seperti pada umumnya menu rumah makan taman sari.  Tidak ada yang spesial.  Tapi bukan berarti tidak dimakan. 

 

Setelah sekitar jam 6 sore bus kembali diberangkatkan.  Driver dua dibalik kemudi.  Driver yang ini masih muda dan cara bawanya juga lebih fast.  Terbukti masih bisa menunjukan aksi aksi take over yang ya... Wajar lah scania K360 gitu sesuai ama kemampuan enginenya. Tetapi tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.  Di ruas tol brebes jumpa Gunung Harta Tronton Scania K410.  Disini driver seperti tak mau kalah. Diladeni dan terus di kejar.  Tetapi bus tersebut sulit untuk sekedar disamakan.  Dan crew pun berceloteh "kui GH tronton cen angel disalip,  sekelas po xxxxxxxx mung di gawe dolanan jarene" 

 Memasuki wilayah Pekalongan mulai didapati kemacetan.  Entah macet karena apa.  Dan saya lebih baik istirahat saja.  


Pukul 23.30 bus istirahat di RM Raos Eco.  Mau sahur belum waktu sahur.  Perut juga masih belum bisa menerima asupan karbohidrat.  Ya tapi kok dilalah malah jajan makan baso.  Paket semangkok baso dan teh manis panas 25rb saja disini.  Rasane rodok kasinen titik. 

Hampir pukul 12 malam kembali melanjutkan perjalanan. Dan saya kembali pulas.  Terbangun saat itu sudah di tol Semarang.  Tidur lagi saja.  Sampai di boyolali lalu crew menginfokan nanti bus lewat tirto dan saya nanti turun depan nya saja.  Kebetulan ada penumpang lain yang sama lokasi titik turunnya.  

Tepat pukul 02.45 dini hari bus sudah sampai di titik berhenti.  Tepatnya di seberang tirtonadi.  Bus tidak masuk terminal.  Cukup puas dengan servis Putera Mulya Executive satu ini.  Bus lebih ke cenderung konstan.  Kalau pun sesekali fast ya wajar aja enginenya mendukung tetapi tidak ugal ugalan. Kalau Pekalongan tidak macet mungkin bisa sampai lebih dini hari. Dari sini saya melanjutkan ke Jogja dengan Eka.  Kenapa harus Eka?  Ya dapatnya pertama itu kok.  Nanti sahur di jogja saja sambil menunggu bus ke Wonosari.  Alhamdulillah faktanya masih bisa sahur di Jogja.   

Kesimpulanya bus ini komplit.  Nyaman dapat,  tepat waktu dapat,  masih bisa cepat,  apalagi servis crewnya sangat ramah.  Saya rekomendasikan bagi yang pengen naik bus tapi tidak mau neko neko di jalan. Terima kasih Putera Mulya Executive Malmo.  Kesempatan kedua saya tidak kecewa.   Sampai jumpa lagi di report selanjutnya. 

Wassalamu alaikum wr wb 


Comments

Popular posts from this blog

AYO BELAJAR AKSARA JAWA

Ha...ca...ra...ka..da...sa...wa..la...Bagi yang orang Jawa atau pernah duduk di bangku sekolah di sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta pasti pernah belajar aksara jawa pada materi Bahasa Jawa. Coba deh kita mengingat ingat lagi dan mari kita mempelajarinya kembali. Bagi yang belum tahu ayo kita belajar bersama-sama. Kegiatan positif juga untuk melestarikan budaya leluhur. Huruf dasar ( aksara nglegena )   Huruf pasangan ( Aksara pasangan )   Pasangan dipakai untuk menekan vokal konsonan di depannya. Sebagai contoh, untuk menuliskan mangan se ga (makan nasi) akan diperlukan pasangan untuk "se" agar "n" pada mangan tidak bersuara. Tanpa pasangan "s" tulisan akan terbaca manganasega (makanlah nasi). Tatacara penulisan Jawa Hanacaraka tidak mengenal spasi , sehingga penggunaan pasangan dapat memperjelas kluster kata. Kalau yang masih belajar pasti rumit ya. Memang butuh waktu dan banyak berlatih. Huruf utama ( aksa

ICIP ICIP GUNUNG HARTA 115 dan OBL MOCCACHINO ( Bagian 1 )

Assalamu alaikum wr wb Dear Bismania Indonesia. Salam sejahtera untuk pecinta penikmat dan pengamat bus di seluruh Indonesia. Saya Estu Prabowo kembali menuliskan catatan perjalanan yang fresh. Yang saya dedikasikan sebagai turing penutup tahun 2015. Sebuah kisah seri pamungkas yang terukir di bulan Desember 2015 ini. Sebuah pelampiasan hasrat akan hobby turing yang sudah terbendung beberapa bulan terakhir. Memang susah mencari moment pas di tahun 2015 ini untuk ngebis. Dan syukur alhamdulilah masih diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah turing. Dan kali ini bagi saya sendiri begitu spesial dan memuaskan.  Seperti pada umumnya masyarakat urban khususnya penggemar bus di setiap akhir tahun pasti sudah diagendakan untuk jalan jalan atau turing. Tak terkecuali saya sendiri. Dan pasti secara umum akan mengambil pada libur natal dan tahun baru. Tapi tak berlaku untuk saya. Saya lebih memilih untuk turing penutupan di minggu kedua bulan Desember 2015. Alasan seperti menghind

JALAN JALAN KE BANGILAN DENGAN AGRA MAS BM 087

Assalamu alaikum wr wb  Hai kawan kawanku, jumpa lagi di blog report saya. Kali ini trip yang spesial karena ini merupakan rute baru saya yang akan di share. Saya beserta istri mudik ke Bangilan, Tuban kampung istri tercinta. Sudah direncanakan setelah lebaran bahwa habis lebaran waktu yang tepat untuk mudik ke Tuban. Ini adalah kali pertama saya mudik ke kampung istri. Dan ini mudik istri setelah 5 tahun gak mudik ke Tuban.  Kalau saya pasti sudah sangat tersiksa dan gak kuat harus selama itu gak mudik , terlebih goyangan bus malam yang sulit dilupakan.  Setelah diskusi akhirnya terpilihlah tanggal 4 Agustus untuk keberangkatan. Kenapa tanggal itu padahal banyak libur long weekend di bulan Agustus. Alasan cost yang tinggi dan pasti macet di long weekend. Urusan armada berangkat pilihan ke Agra Mas Bojonegoroan. Service lebih baik dari pada kompetitornya. Padahal lagi pengen naik Haryanto. Gila coy...selama 8 tahun jadi bismania sekalipun belum pernah naik Haryanto,